Kegiatan Sosial yang Bermanfaat Dilakukan Selama Ramadan

Ramadan memang bulan penuh berkah lengkap dengan segala aktivitas untuk meramaikannya. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi kesibukan selama menjalani ibadah puasa terutama untuk kaum mudanya.

Kaum muda saat ini memang dituntut untuk lebih banyak bergerak karena selain bisa memanfaatkan jejaring sosial, segala hal yang berkaitan dengan aktivitas selama puasa Ramadan nampaknya lebih mudah dijalankan, terutama bila dikaitkan dengan kecenderungan mereka yang selalu memposting kegiatannya ke media sosial.

Ada banyak kegiatan sosial Ramadan yang bisa dilakukan diantaranya:

Berbagi takjil

foto: liputan6.com

Ini adalah kegiatan yang paling mudah dilakukan dan langsung terasa manfaatnya bagi orang banyak. Dengan menyiapkan takjil yang terdiri dari nasi, sayur berkuah atau tumis, lauk berupa ayam goreng, kerupuk, dan dilengkapi kolak pisang, maka tampilan takjil ini sudah memenuhi syarat untuk hidangan berbuka puasa. Tak lupa kita bagikan di jalanan yang kerap dilewati para pemotor, beberapa jam sebelum azan Maghrib. Anak-anak bisa kita ajak untuk berbagi dan memperkenalkan lebih dini tentang arti memberi sedekah.

Melaksanakan salat tarawih

pexel.com

Salat tarawih adalah salah satu kegiatan sosial dan bagian dari menyediakan waktu untuk beribadah bersama. Dengan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih, secara tidak langsung kita telah menjalin silaturahmi dengan orang-orang yang berada di masjid dan saling berinteraksi secara akrab.

Saling menyapa, bertatap muka, dan bertukar senyum dengan para jamaah masjid adalah bagian dari kegiatan sosial yang mempererat hubungan itu sendiri sebagai sesama muslim tentunya. Terlebih di ruang terbuka itu di mana serangkaian kegiatan masjid seperti kajian atau ceramah bahkan i’tikaf pun diadakan, tak menutup kemungkinan itu semua akan meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Itikaf

Foto: popmama.com

Sebagai salah satu rangkaian ibadah di masjid yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan, itikaf adalah bagian dari kegiatan masjid yang cukup bermanfaat. Kegiatan sosial yang dilakukan selama menjalani itikaf adalah membersihkan masjid, menyiapkan perangkat salat berjamaah atau mengajak orang untuk ikut beribadah bersama.

Dalam 10 hari terakhir di bulan Ramadan, memisahkan diri dari hal-hal yang mengganggu dalam upaya mendekatkan diri kepada-Nya adalah kegiatan yang penting dan membutuhkan keheningan serta keseriusan.

Sisi positif dari itikaf ini adalah kita jadi semakin dekat akan kehadiran Allah SWT. Selain itu juga dapat memperkuat ikatan sosial antar sesama jamaah muslim di lingkungan sekitar masjid.

Santunan anak yatim

Foto: Republika

Memberikan santunan anak yatim merupakan salah satu kegiatan sosial yang sangat dianjurkan dilakukan selama bulan suci Ramadan. Biasanya kegiatan ini dikoordinir oleh pihak masjid dan diselenggarakan di masjid itu sendiri.

Dengan menjadi salah satu panitia pemberian santunan anak yatim, secara tidak langsung kita ikut terlibat untuk menyayangi anak yatim lebih dekat lagi. Apalagi dilakukan pada bulan Ramadan yang tentu saja itu akan mendatangkan pahala untuk kita.

Menyantuni anak yatim berarti kita turut menjalankan salah satu amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah. Kegiatan sosial yang satu ini memang sarat keistimewaan karena selain menjadi ladang pahala bagi kita, Allah sendiri pun akan turut menyayangi kita dan dijauhkan dari segala perbuatan jahat.

***

Masih banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan yang tentunya sangat bermuatan positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Jangan merasa minder atau tidak tahu harus melakukan apa, karena sejatinya setiap niat baik akan selalu mendatangkan kebaikan-kebaikan berikutnya kepada diri kita.

Leave a comment