Harapan untuk Mudik Lebaran 2024

Hari raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi dan itu artinya mudik semakin dekat saja ke pikiran. Mudik memang salah satu tradisi untuk menjaga silaturahmi yang patut dilestarikan. Beberapa tahun lalu tepatnya pada 2022 saya sekeluarga tidak bisa mudik, atau pulang ke kampung halaman orangtua saya. Saat itu ada kendala luar biasa yang tak kuasa diatasi selain hanya pasrah saja.

Menjelang dan sesudah hari lebaran kami hanya tinggal di rumah saja tanpa bisa bergerak untuk pulang kampung. Sanak keluarga dan saudara di sana bergantian menghubungi via video call mengucapkan selamat lebaran sekaligus menanyakan mengapa tidak mudik lebaran.

Ada perasaan kecewa mengapa kami tak bisa berlebaran bersama mereka, orang-orang yang menanti untuk berjumpa dengan kerabat walau setahun sekali. Namun kalau melihat kendala yang terjadi pada saat itu rasanya kami pun tak sanggup untuk bergegas.

Memang mudik itu selain acara ritual dan sarana berkumpul bersama keluarga besar, ada berbagai persiapan besar yang mampu membuat pemudik pusing sekaligus bahagia secara bersamaan.

Perlu persiapan

Mudik lebaran adalah acara besar yang mempertaruhkan segala upaya agar terselenggara dengan lancar. Selain dana yang cukup, persiapan yang tak kalah penting adalah waktu, tenaga, dan pikiran yang diluangkan di sela-sela kesibukan domestik.

Mustahil orang akan langsung mudik tanpa adanya persiapan. Meskipun berangkat mendadak, pasti tetap saja harus mempersiapkan diri terutama bila menyangkut masalah dana selama berlebaran di kampung halaman.

Situasi mudik sekarang ini dibandingkan dengan saat saya masih kecil dulu tentu sudah jauh lebih maju dan siap. Dahulu orang yang mudik dengan kereta api harus mengalami ketidaknyamanan akibat penuhnya pemudik yang tidak tertampung namun memaksa diri berjejalan di setiap ruang gerbongnya. Sungguh menyedihkan kalau diingat-ingat lagi.

sumber:quora

Naik bus atau kendaraan travel juga sama saja. Ban bocor, AC mati, perjalanan yang terjebak macet panjang hingga terlambat sampai di kampung halaman adalah suka duka mudik yang akan menjadi cerita tak terlupakan di kemudian hari.

Mengandung misteri

Di luar semua kesulitan dan rintangan itu ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran tentang perjalanan dan juga kesiapan masing-masing individu dalam menjalani mudik.

Tips agar mudik lancar dan anti drama sudah banyak diterapkan namun ternyata toh tetap saja perjalanan mudik itu sendiri unik dan mengandung misteri. Kita tak pernah tahu apa yang bakal dihadapi di tengah perjalanan. Berdoa sebelum berangkat adalah langkah awal dan penting agar segalanya aman dan lancar.

Usahakan kita memiliki kesiapan semisal fisik yang kuat dan bugar. Pikiran yang rasional dan jernih akan memberi andil perjalanan mudik yang lancar.

Mudik tahun ini saya ingin segalanya berjalan dengan baik. Setiap tahunnya saya selalu berharap bisa berlebaran di tengah-tengah keluarga, kerabat dan bersilaturahmi dengan mereka yang makin menua. Orang-orang yang di masanya begitu berpengaruh bagi kehidupan saya pribadi dan kini telah semakin lemah dan terbungkuk-bungkuk menanti segudang cerita yang dituturkan.

Bertukar cerita

Harapan terbesar tentu saja adalah mudik lebaran kali ini bisa membawa berkah luar biasa baik bagi yang berkunjung atau yang dikunjungi. Tak ada yang lebih menyenangkan selain tertawa bersama sambil bercerita tentang banyak hal. Efek bertukar cerita dengan keluarga yang lama tak dijumpai disinyalir akan meningkatkan hormon endorfin yakni hormon yang berperan memberikan perasaan senang, bahagia atau euforia serta mengurangi rasa sakit atau sedih.

Mudik lebaran selain memberi kebahagiaan juga memberi detoksifikasi pikiran akan semua kesulitan yang tadinya masih membelenggu. Racun-racun yang mengisi hati dan benak seperti rasa benci, iri, rendah diri, dan perasaan terkucil perlahan lenyap digantikan semangat menyongsong hidup yang lebih baik. Ya, inilah harapan saya untuk mudik lebaran tahun ini, tahun 2024.

4 thoughts on “Harapan untuk Mudik Lebaran 2024

Leave a comment