Telur Ceplok Saus Pedas, Sajian Praktis untuk Menu Sahur

Begitu bulan puasa tiba, hal yang paling penting yang harus dipikirkan selain menyiapkan mental dan fisik adalah menyiapkan menu makanan selama Ramadan. Entah untuk berbuka atau pun sahur, keduanya sama pentingnya.

Ini memang terdengar sepele namun pada praktiknya bisa membuat pusing emak-emak selama beberapa hari. Belum lagi bila masing-masing anggota keluarga punya selera akan menu sahur tertentu yang pasti akan menambah pengeluaran.

Untuk sesuatu yang hanya setahun sekali saja, dibandingkan dengan menu berbuka, menu sahur sangatlah penting-bukannya menu berbuka itu tidak penting lho, tapi karena saat sahur situasinya memang sangat krusial yakni pada saat tubuh ini masih ingin lebih nyenyak tidur tiba-tiba saja harus dibangunkan paksa demi makan sahur. Oleh karena itu hidangan yang tersaji haruslah menarik.

Wajah yang terkantuk-kantuk, nyawa yang belum terkumpul, nafsu makan yang belum terbit, ditambah menu makanan atau hidangan yang terlihat kurang menggugah selera semuanya itu tantangan bagi kita untuk menyediakan hidangan yang menarik minat dan juga bergizi tentunya.

Oleh karena itu menciptakan menu sahur yang mengundang selera makan itu sangat penting. Kaum emak-emak menjadi ujung tombak yang paling diandalkan untuk menyajikan menu sahur yang lezat.

Terlalu ribet

Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak bisa menciptakan menu-menu yang lebih cepat, lebih praktis dan unik. Zaman sekarang bikin menu sahur yang praktis tidak terlalu memusingkan lagi sebenarnya karena selain banyak ditemukan contoh resepnya di sosial media atau aplikasi makanan, hasilnya setelah direcook pun tidak mengecewakan. Kecepatan dan ketepatan waktu adalah kunci agar hidangan bisa kita nikmati dalam waktu yang terbilang sempit (baca: imsak).

Dahulu sewaktu masih kuliah menu sahur menjadi hal yang sering diabaikan. Alasan yang masuk akal adalah karena saat itu belum terpikirkan untuk membuat menu yang simpel dan cepat pembuatannya. Berbeda dengan sekarang yang serba praktis.

Nah untuk masa kini menu sahur yang cepat dan praktis sudah banyak dibagikan lewat sosial media atau pun aplikasi masakan. Dan terus terang hal itu sangat membantu sekali bagi kita kaum emak-emak yang enggan menyiapkan menu terlalu ribet.

Telur dan ayam

Menu sahur yang sering dihidangkan di rumah saya pun sebisa mungkin yang anti ribet dan semuanya doyan. Favorit menu kita pokoknya tidak jauh-jauh dari telur dan ayam dengan berbagai variasinya. Ada telur ceplok cabai, telur balado, telur ceplok asam manis, telur ceplok saus pedas, saus tiram, saus bistik dll.

Untuk sayurnya biasanya yang simpel saja seperti tumis orak-arik sawi, sup tahu jamur, buncis kornet telur lalu dilengkapi dengan ayam crispy sambal matah. Kesemuanya sangat praktis pembuatannya dan cepat.

Salah satu menu sahur yang paling kami andalkan adalah telur ceplok saus pedas. Menu olahan telur yang ini sangat praktis dan mudah membuatnya. Berikut resepnya.

Foto: yscooking

Bahan

  • 6 butir telur ceplok
  • Kaldu bubuk
  • Garam

Bumbu halus

  • 4 bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 8 cabai merah
  • Cabai rawit sesuai selera

Cara membuat:

  • Ceplok telur seperti biasa.
  • Tumis bumbu halus sampai wangi dan berminyak.
  • Masukkan telur ceplok, taburkan kaldu bubuk, garam secukupnya, tuang sedikit air.
  • Masak sampai meresap lalu angkat dan sajikan saat masih mengepul hangat.

    Nah, mudah dan sat set bukan? Menu sahur yang praktis ini sanggup membuat seluruh anggota keluarga di rumah makan dengan semangat dan lahap hingga melupakan rasa enggan bangun akibat masih mengantuk. Telur memang menjadi bahan makanan yang sangat gampang didapat dan bisa dijadikan berbagai variasi menu.

    2 thoughts on “Telur Ceplok Saus Pedas, Sajian Praktis untuk Menu Sahur

    Leave a comment